Monday, June 18, 2012

"Hello to Myself.."

 "Be yourself" Kalimat ini banyak sekali dituliskan dan diucapkan.. Dengan harapan orang yang menerima message ini bisa menjadi dirinya sendiri, tidak meniru orang lain..

Yang perlu diperhatikan adalah arti dari kalimat tersebut.. Lihat arti dari berbagai sisi, jangan diartikan mentah.. Sebagai manusia, tentu ada sisi positive dan negative.. Apa ya mau "be yourself" terus dengan sisi negative? Tentu harus ada perubahan dari sisi negatif itu.. Dan menjadikan sisi positif dan yang akan menjadi positif itu menjadi diri kita..

Terkadang emang susah untuk jadi diri sendiri.. Kalo udah nge-fans, secara ga sadar ada yang kita ikuti dari idola itu.. It doesn't matter selama itu fix di diri kita dan itu baik.. But it's better to be ourselves.. Our style.. =) Gimana caranya jadi diri sendiri? Ada 10 steps:


1. Find yourself and define yourself on your terms
Kita ga akan bisa menjadi diri sendiri, sedangkan kita belum mengenal diri kita dan belum menerima diri kita.. Ambil sedikit waktu untuk berdiam dan pikirkan hal apa yang akan dan tidak akan Anda lakukan.. Lakukan seperti yang sudah dipilih tadi.. Dan untuk lebih mengenal, temukan kelemahan dan kelebihan yang ada..Jadikan kelemahan itu kekuatan dalam diri..

2. Avoid fixating on the past and not letting yourself grow
That's a big mistake kalau kita terus hidup di masa lalu.. Maksud di sini adalah terus menyesali kesalahan atau perbuatan di masa lalu yang tidak membanggakan diri kita.. STOP untuk menyesali diri dan membiarkan diri kita hidup di masa lalu.. Kita harus move on dan menjadi diri kita yang sekarang.. Yang lalu adalah pembelajaran untuk kita di hari depan.. Tiap hari bertumbuh dengan lebih baik dari hari sebelumnya..

3. Stop caring about how people perceive you
Tidak semua orang menyukai diri kita.. Pasti ada yang ga suka.. Ga usah punya pikiran "Apa yang dipikirkan orang lain tentang aku?".. Lakukan apa yang ada pada diri mu.. Penilaian orang penting.. Tapi hanya sebatas evaluasi.. Bukan untuk menjadikan Anda orang lain..
~ To be yourself, you've got to let go of these concerns and just let your behavior flow, with only your consideration of others as a filter — not their consideration of you.~

4. Be honest and open
Kita semua imperfect.. Kita masih butuh belajar dan akan terus begitu.. Tidak perlu untuk merasa malu dengan kekurangan yang ada dalam diri.. Terima kekurangan dan be yourself.. Be honest with yourself, but don't beat yourself up..

5. Relax
Berhenti untuk khawatirkan hal-hal buruk yang akan terjadi.. Jika suatu hal yang buruk terjadi, jadikan itu pengalaman atau funny story.. Bukan sebagai tekanan diri..

6. Treat yourself as you'd treat your best friend
Kita selalu memperlakukan teman kita, orang yang dekat, dengan sangat baik dan respectful.. Lakukan juga buat diri kita sendiri.. Love and accept yourself as you are now, just as you do for your close ones..

7. Develop and express your individuality
Gunakan sense of style atau bahkan manner of speaking untuk menggapai suatu hal yang membanggakan diri Anda.. Be a character, not a type.. Semakin baik kita mengekspresikan diri kita, semakin mudah orang mengatakan "ya itu kamu.." atau "kamu banget.."


8. Stop comparing yourself to others
Saat kita membandingkan diri kita dengan orang lain dan mencoba menjadi mereka, kita ga akan menjadi bahagia dan puas karenanya.. Dan ketika kita meniru mereka, kita hanya tau appearance mereka dan tidak tahu keaslian mereka seperti apa.. So, value the person you are, love your personality, and embrace your flaws; we all have them, and as explained earlier, being honest is better than running from them..
9. Follow your own style
Banyak orang yang mengikuti style orang lain (terutama yang mereka idolakan).. Sekarang yang lagi musim, gaya Korea.. Banyak yang mengikuti gaya artis korea.. Yang begini dan begitu.. Atau mungkin kita suka berjalan di bawah rintikan hujan, atau punya pendapat yang lain dengan orang lain, atau lebih suka strawberry milk rather than chocolate milk.. Whatever you are, accept it.. Being different is absolutely beautiful and it attracts people to you.. Don't let people change you..!!

10. Accept that some days you're the pigeon, and some days you're the statue
Orang mungkin akan menghina atau "bercandain" kita.. Tapi selama kita berani dan katakan "Hey, that's just me" and leave it at that, people will ultimately respect you for it, and you'll respect yourself.. Selalulah mencoba untuk melihat dari sisi positive.. A dead end is not a place to stop; it's a place to turn around and start over again..

"Hello to myself . . ."


No comments:

Post a Comment